Hubungan Masyarakat
Definisi Humas
Hubungan
Masyarakat, atau sering
disingkat humas adalah praktik
mengelola penyebaran informasi antara individu atau organisasi dan masyarakat.
Humas dapat mencakup sebuah organisasi atau individu yang mendapatkan eksposur
ke khalayak mereka menggunakan topik kepentingan publik dan berita yang tidak
memerlukan pembayaran langsung. Tujuan dari hubungan masyarakat oleh perusahaan
sering untuk membujuk masyarakat, investor, mitra, karyawan, dan pemangku
kepentingan lainnya untuk mempertahankan sudut pandang tertentu tentang hal
itu, kepemimpinannya, produk, atau keputusan politik. Kegiatan umum termasuk
berbicara di konferensi, memenangkan penghargaan industri, bekerja sama dengan
pers, dan komunikasi karyawan.
Sebagai sebuah profesi seorang Humas
bertanggung jawab untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih
simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat
masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi.
Tujuan dan Fungsi Humas
Tujuan
Berikut ini adalah tujuan Hubungan Masyarakat (Humas), diantaranya:
- Meningkatkan partisipasi, dukungan dan bantuan secara konkret dari masyarakat baik itu berupa tenaga, sarana prasarana ataupun dana demi kelancaran dan tercapainya tujuan organisasi.
- Merangsang dan membangkitkan rasa tanggung jawab yang lebih besar pada masyarakat terhadap kelangsungan program organisasi tersebut secara efektif dan efisien.
- Mengikutsertakan masyarakat dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi.
- Menegakkan dan mengembangkan citra yang menguntungkan bagi organisasi terhadap para stakeholdernya dengan sasaran yang terkait yakni publik internal dan publik eksternal.
- Membuka kesempatan lebih luas pada para pengguna produk/lulusan dan pihak yang terkait untuk partisipasi dalam meningkatkan mutu organisasi.
Fungsi
Menurut Edward L. Bernays, fungsi hubungan
masyarakat atau humas adalah:
- Memberikan penerangan pada publik.
- Melakukan persuasi pada publik untuk mengubah sikap dan tingkah laku publik.
- Upaya menyatukan sikap dan perilaku lembaga sesuai dengan sikap dan perbuatan masyarakat atau sebaliknya.
Peran Humas
Keberadaan humas sangat dibutuhkan dan
penting untuk membangun dan menjaga adanya saling pengertian antar organisasi
dengan stakeholder dan masyarakat umum, dengan tujuan menyangkut tiga hal yaitu
reputasi, citra dan komunikasi mutual benefit relationship.
Untuk berkomunikasi dengan publik, Humas juga
mendekatkan diri melalui media, baik melalui iklan, media sosial ataupun dengan
menyediakan informasi mengenai perkembangan organisasi terkini. Tidak hanya
itu, Humas perlu juga menyediakan layanan informasi berupa Contact Center yang
diperuntukkan bagi stakeholder ataupun masyarakat umum yang ingin menyampaikan
keluhan dan pertanyaannya di bidang layanan organisasi.
Humas berfungsi untuk mengetahui dan
mengevaluasi opini-opini publik yang berkaitan dengan organisasi, serta
memanfaatkan komunikasi sebagai media untuk memberikan informasi yang sesuai
dengan fakta, disampaikan dengan cara-cara yang baik dan benar untuk
mengarahkan opini publik ke arah yang diharapkan.
Tidak itu saja, HUMAS bisa berfungsi sebagai
marketing yang harus "jualan" apa yang dipunyai organisasi. Fungsi
marketing sangat kental di humas sebagai komunikasi massa. Produk-produk yang
dimiliki disampaikan ke masyarakat, melalui strategi komunikasi tujuannya
supaya masyarakat tahu ada produk yang dikerjakan sehingga masyarakat tahu
kinerja organisasi tersebut. Jadi upaya-upaya yang dilakukan humas ada dua,
yaitu menjaring opini publik dan marketing.
Komentar
Posting Komentar