Hubungan Masyarakat


Definisi Humas

Hubungan Masyarakat, atau sering disingkat humas adalah praktik mengelola penyebaran informasi antara individu atau organisasi dan masyarakat. Humas dapat mencakup sebuah organisasi atau individu yang mendapatkan eksposur ke khalayak mereka menggunakan topik kepentingan publik dan berita yang tidak memerlukan pembayaran langsung. Tujuan dari hubungan masyarakat oleh perusahaan sering untuk membujuk masyarakat, investor, mitra, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya untuk mempertahankan sudut pandang tertentu tentang hal itu, kepemimpinannya, produk, atau keputusan politik. Kegiatan umum termasuk berbicara di konferensi, memenangkan penghargaan industri, bekerja sama dengan pers, dan komunikasi karyawan.
Sebagai sebuah profesi seorang Humas bertanggung jawab untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi.


Tujuan dan Fungsi Humas

Tujuan
Berikut ini adalah tujuan Hubungan Masyarakat (Humas), diantaranya:

  • Meningkatkan partisipasi, dukungan dan bantuan secara konkret dari masyarakat baik itu berupa tenaga, sarana prasarana ataupun dana demi kelancaran dan tercapainya tujuan organisasi.
  • Merangsang dan membangkitkan rasa tanggung jawab yang lebih besar pada masyarakat terhadap kelangsungan program organisasi tersebut secara efektif dan efisien.
  • Mengikutsertakan masyarakat dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi.
  • Menegakkan dan mengembangkan citra yang menguntungkan bagi organisasi terhadap para stakeholdernya dengan sasaran yang terkait yakni publik internal dan publik eksternal.
  • Membuka kesempatan lebih luas pada para pengguna produk/lulusan dan pihak yang terkait untuk partisipasi dalam meningkatkan mutu organisasi.

Fungsi
Menurut Edward L. Bernays, fungsi hubungan masyarakat atau humas adalah:

  • Memberikan penerangan pada publik.
  • Melakukan persuasi pada publik untuk mengubah sikap dan tingkah laku publik.
  • Upaya menyatukan sikap dan perilaku lembaga sesuai dengan sikap dan perbuatan masyarakat atau sebaliknya.


Peran Humas

Keberadaan humas sangat dibutuhkan dan penting untuk membangun dan menjaga adanya saling pengertian antar organisasi dengan stakeholder dan masyarakat umum, dengan tujuan menyangkut tiga hal yaitu reputasi, citra dan komunikasi mutual benefit relationship.
Untuk berkomunikasi dengan publik, Humas juga mendekatkan diri melalui media, baik melalui iklan, media sosial ataupun dengan menyediakan informasi mengenai perkembangan organisasi terkini. Tidak hanya itu, Humas perlu juga menyediakan layanan informasi berupa Contact Center yang diperuntukkan bagi stakeholder ataupun masyarakat umum yang ingin menyampaikan keluhan dan pertanyaannya di bidang layanan organisasi.
Humas berfungsi untuk mengetahui dan mengevaluasi opini-opini publik yang berkaitan dengan organisasi, serta memanfaatkan komunikasi sebagai media untuk memberikan informasi yang sesuai dengan fakta, disampaikan dengan cara-cara yang baik dan benar untuk mengarahkan opini publik ke arah yang diharapkan.
Tidak itu saja, HUMAS bisa berfungsi sebagai marketing yang harus "jualan" apa yang dipunyai organisasi. Fungsi marketing sangat kental di humas sebagai komunikasi massa. Produk-produk yang dimiliki disampaikan ke masyarakat, melalui strategi komunikasi tujuannya supaya masyarakat tahu ada produk yang dikerjakan sehingga masyarakat tahu kinerja organisasi tersebut. Jadi upaya-upaya yang dilakukan humas ada dua, yaitu menjaring opini publik dan marketing.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Berita (tugas remedial komunikas massa)

Fotografi Jurnalistik